MEDIAINVESTIGASIMABES.CO.ID | Agam – Sumatera Barat –
Pemerintah Kabupaten Agam menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI dan Inspektorat Daerah Semester I Tahun 2025, Senin 28 Juli 2025 di Aula Utama Kantor Bupati Agam.
Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Agam H. Muhammad Iqbal, SE, M.Com, yang didampingi oleh Inspektur Kabupaten Agam, Drs. Welfizar, M.Si, serta diikuti oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan wali nagari se-Kabupaten Agam.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati menegaskan pentingnya koordinasi lintas sektor dalam menindaklanjuti setiap temuan hasil pemeriksaan.
“Kita perlu duduk bersama untuk memberikan informasi dan koordinasi apa langkah yang perlu kita lakukan, kita cegah, dan kita perbaiki atas catatan-catatan tersebut,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa Inspektorat Daerah bukanlah lembaga yang perlu ditakuti, melainkan mitra strategis dalam membangun sistem pemerintahan yang bersih dan akuntabel.
“Jadikan Inspektorat ini teman kita, satu kesatuan dalam keluarga besar Pemkab Agam. Agar ke depan, sistem manajemen keuangan kita berjalan tertib dan sesuai aturan, sebagaimana yang kita harapkan bersama,” tutur Wabup.
Rakor ini bertujuan untuk menciptakan kesamaan pemahaman dan komitmen seluruh unsur pemerintahan dalam mewujudkan tata kelola yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Selain itu, kegiatan ini juga diarahkan untuk mempercepat penanganan dan penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan, serta meningkatkan kewaspadaan aparatur pemerintah dalam mencegah terjadinya pelanggaran, penyalahgunaan wewenang, maupun bentuk penyimpangan lainnya.

Dengan dilaksanakannya rakor ini, Pemerintah Kabupaten Agam berharap tercipta sinergi yang lebih kuat dalam membangun sistem pemerintahan yang transparan, tertib administrasi, dan sesuai regulasi, demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang semakin baik ke depan.
Hadi Armansyah Tim – Red.